Senin, 21 Juli 2008

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2008

Alhamdulillah, saya berkesempatan menjadi bagian dari kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa nasional (PINMAS) 2008, sebagai Juri. Ini merupakan PINMAS ke 21, yang diselenggarakan di Semarang dengan Panitia Pelaksana Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA.

Kegiatan PINMAS sendiri tekanannya pada kreativitas mahasiswa. Ada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)di Bidang Penelitian (PKMP), Bidang Penerapan Teknologi (PKMT), Bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM) dan Bidang Kewirausahaan (PKMK). Selain itu ada juga yang terkait dengan penulisan karya ilmiah (PKMI).

Selain itu ada juga Kompetisi Karya Ilmiah Mahasiswa (KKTM) untuk tiga bidang, yaitu IPA, IPS dan Pendidikan. Ada debat (dalam) Bahasa Ingris dan Bahasa Arab, serta Lomba dan Pameran ICT.

Menurut Mendiknas RI ada sekitar 12ribuan proposal yang masuk untuk acara PKM ini, sekitar 2500 yang dibiayai oleh Depdiknas, dan sekitar 300an yang diundang diacara PINMAS.

Sebagai Juri pada PKMT-3 saya melihat para mahasiswa kita cukup kreatif untuk mencari solusi atas persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat. Bahkan ada upaya yang sangat mulia seperti gagasan untuk mengembangkan alat penunjuk waktu bagi tunanetra dan kalkulator khusus untuk tunanetra dtgn keypad huruf braile dan outputnya berupa suara. Ada juga gagasan bagaimana menggunakan mikto-kontroler untuk mendeteksi keberadaan orang di suatu ruangan agar penggunaan AC bisa lebih efektif. Ada juga yang menggunakan mikro-kontroler bagi orang tua untuk mendeteksi apakah anaknya masuk sekolah atau tidak.

Memang masih ada juga yang masih perlu bimbingan. Tapi secara keseluruhan banyak yang bisa ditindaklanjuti kearah "komersial"; jadi sebuah usaha bisnis. Misalnya, mesin pembuat sumpit bisa jadi bisnis untuk memproduksi mesinnya; atau bisnis di produksi sumpitnya.

Upaya ini perlu terus dilakukan. Selamat bagi Penyelenggara, Dirjen Dikti dan Unissula.

Tidak ada komentar: